Kandungan Gizi Susu Kedelai - Soy Milk


Susu Kedelai bukan berasal dari hewan namun penuh nilai gizi ini semakin banyak disukai orang Indonesia.
Susu kacang kedelai (Hanzi: 豆漿; 豆奶) adalah semacam minuman yang dibuat daripada kacang kuning, mendapat namanya karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia.

Susu kedelai (juga disebut soya milk, atau jus kedelai) dan kadang-kadang disebut sebagai minuman kedelai / minuman adalah minuman yang terbuat dari kacang kedelai. Sebuah emulsi stabil minyak, air, dan protein, diproduksi dengan merendam kedelai kering dan menggiling mereka dengan air. Susu kedelai mengandung proporsi yang sama dari protein susu sapi: sekitar 3,5%, juga 2% lemak, 2,9% karbohidrat, dan 0,5% abu. Susu kedelai dapat dibuat di rumah dengan alat-alat dapur tradisional atau dengan mesin susu kedelai.


Istilah China yang paling umum untuk susu kedelai adalah "豆浆" (pinyin: jiang dou; kacang menyalakan + cairan kental.) Dan "豆奶" (Pinyin:. Dou nǎi; menyala kacang + susu).

Istilah Jepang untuk susu kedelai adalah tōnyū (豆乳).

Di Korea, adalah "두유 (豆乳)" kata untuk mewakili susu kedelai. "두" dan "유" mewakili dan susu kedelai masing-masing.

Di Singapura, itu dikenal sebagai tau-tzui Huey-(豆花 水, POJ: Chui cangkul tau) dalam dialek Hokkian lokal sementara di Indonesia dan Malaysia dikenal sebagai "susu kedelai" atau "air tahu" dalam bahasa Melayu lokal.

Protein dikoagulasi dari susu kedelai dapat dibuat menjadi tahu, seperti susu sapi dapat dibuat menjadi keju.

Susu kacang kedelai lazim sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan penganan lainnya seperti youtiao.

Susu kacang kedelai telah ada di Tiongkok selama ribuan tahun, tepatnya 1900 tahun lalu. Tercatat bahwa Raja Huainan, Liu An dari Dinasti Han  karena sang ibu sakit tak dapat mengunyah makanan keras, Liu An kemudian menggiling kacang kuning yang telah direndam selama beberapa waktu menjadi cairan yang kemudian dikenal sebagai susu kacang.

Penyakit sang ibu kemudian berangsur membaik menyebabkan susu kacang kemudian menyebar luas ke masyarakat. Susu kacang menjadi minuman umum di dalam kebudayaan Tionghoa karena cocok diminum sepanjang tahun.

Susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. Keunggulan lain dari susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Namun, kandungan kolesterol pada susu sapi masih tergolong sangat rendah jika dibandingkan bahan pangan hewani lainnya. Susu kedelai mulai populer di kalangan banyak masyarakat sebagai pilihan baru selain susu sapi. Susu kedelai mudah didapat dan murah harganya. Kandungan protein dalam susu kedelai dipengaruhi oleh varietas kedelai, jumlah air yang ditambahkan, jangka waktu dan kondisi penyimpanan, serta perlakuan panas. Semakin banyak jumlah air yang digunakan untuk mengencerkan susu, maka akan semakin sedikit kadar protein yang diperoleh.

Nilai Gizi Dalam Susu Kedelai dalam 250 ml susu kedelai biasa.
source: Soymilk on soyfoods.com
Susu kedelai Regular
Kalori (gm) 140
Protein (gm) 10.0
Lemak (gm) 4.0
Karbohidrat (gm) 14,0
Natrium (mg) 120,0
Besi (mg) 1,8
Riboflavin (mg) 0,1
Kalsium (mg) 80,0

Susu kedelai Lite (lemak berkurang)
Kalori (gm) 100
Protein (gm)  4.0
Lemak (gm)  2.0
Karbohidrat (gm) 16,0
Natrium (mg)  100,0
Besi (mg)  0,6
Riboflavin (mg) 11,0
Kalsium (mg)  80,0

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar