Nilai Kandungan Gizi Bawang Merah


Bawang Merah, apakah karena warnanya merah yang membedakannya dengan bawang putih?

Bawang merah - onion atau Brambang (Allium ascalonicum L.) adalah nama tanaman dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman mempunyai akar serabut, dengan daun  berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas.

Bawang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto dan sup  menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangka.bawang goreng merupakan bumbu yang paling sering di gunakan orang indonesia untuk membuat masakan.

SISA BAWANG MERAH BERACUN

Bawang merah adalah sebuah magnet besar untuk bakteri, terutama bawang mentah. Anda seharusnya jangan pernah berencana untuk menyimpan sebagian dari irisan bawang merah. Hal ini tidak aman bahkan jika Anda memasukkannya ke dalam tas zip-lock dan memasukkannya ke dalam kulkas Anda. Bawang merah sudah cukup terkontaminasi hanya dengan dipotong dan dibiarkan terbuka untuk sebentar saja, sehingga hal itu dapat membahayakan Anda (dan perlu lebih waspada lagi terhadap bawang merah yang Anda masukkan ke dalam hotdog ) Jika Anda mengambil sisa bawang merah dan memasaknya, anda mungkin akan baik-baik saja, tetapi jika Anda memotong sisa bawang merah dan menaruh pada sandwich atau hotdog Anda, maka Anda sedang mencari masalah. Baik bawang merah dan kentang basah dalam salad kentang, akan menarik dan menumbuhkan bakteri bahkan lebih cepat daripada mayones komersial yang akan mulai rusak.
Harap diingat, adalah berbahaya untuk mengiris bawang merah dan mencoba menggunakannya untuk memasak pada hari berikutnya, bawang merah menjadi sangat beracun bahkan untuk satu malam dan menciptakan bakteri beracun yang bisa menyebabkan infeksi lambung yang buruk dikarenakan kelebihan sekresi empedu dan bahkan keracunan makanan.

Kandungan Gizi Bawang merah, Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 166 kJ (40 kcal)
Karbohidrat 9,34 g
Gula 4,24 g
Diet serat 1,7 g
Lemak 0,1 g
jenuh 0,042 g
monounsaturated 0,013 g
polyunsaturated 0.017 g
Protein 1,1 g
Air 89,11 g
Vitamin A equiv. 0 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,046 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,027 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0.116 mg (1%)
Vitamin B6 0,12 mg (9%)
Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
Vitamin B12 0 mg (0%)
Vitamin C 7.4 mg (12%)
Vitamin E 0,02 mg (0%)
Vitamin K 0,4 mg (0%)
Kalsium 23 mg (2%)
Besi 0,21 mg (2%)
Magnesium 0,129 mg (0%)
Fosfor 29 mg (4%)
Kalium 146 mg (3%)
Sodium 4 mg (0%)
Seng 0,17 mg (2%)
Sumber: USDA Nutrient database

5 komentar:

Lina Marliana mengatakan...

Thanks infonya sob.. Bermanfaat banget..
Thanks juga, coz ada sebagian artikelku ikutan mejeng juga disini.. :)
Salam kenal, met beraktifitas n sukses selalu yah :)

Anonim mengatakan...

irisan bawang merah dapat menarik banyak bakteri, klo kupasan bawang merah yang tidak di iris bagaimana? ap juga dapat mengundang bakteri??

thankz

atiek mengatakan...

baru tau klau bawang merah bisa berbahaya bila tidak segera digunakan......

Anonim mengatakan...

apa semua bumbu bumbu dapur lainnya lengkap seperti ini...
semoga aja semua begini.. kan aku jadi mudah mencarinya

Tanaman Obat mengatakan...

banyak juga kandungan gizi dari bawang merah bagi tubuh .

Poskan Komentar