Kandungan Gizi Leci - Lychee



Leci - Lychee (atau laichi dan lichu) adalah buah-buahan dari genus Litchi dari famili lerak-lerakan Sapindaceae. Pohon leci tumbuh di iklim tropis. Buah ini umumnya ditemukan di Cina, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Buah ini berbau wangi dan manis.
Pohon Leci - Lychee adalah pohon seperti cemara, mencapai 10-20 m, buah-buahan berdaging bantalan yang sampai 5 cm (2,0) panjang dan 4 cm (1,6 in) lebar. Bagian luar buah Leci - Lychee tertutup oleh kulit, pink-merah bertekstur kasar yang tidak dapat dimakan, tetapi mudah dikelupas, daging putih bening. Leci - sangat populer di Cina, seluruh Asia Tenggara, bersama dengan India, Bangladesh, dan Pakistan.

Budidaya Lychee dimulai di wilayah selatan China, Malaysia, dan Vietnam utara. Lychee ini pertama kali diperkenalkan  di Barat oleh Pierre Sonnerat (1748-1814) pada kembali dari perjalanan ke China dan Asia Tenggara. Saat itu diperkenalkan ke Pulau Réunion pada tahun 1764 oleh Joseph-François Charpentier de Cossigny de Palma. Ia kemudian diperkenalkan ke Madagaskar yang telah menjadi produsen utama.
Lychee begitu legendaris antaranya di Ugur dan budaya Cina untuk nutrisi bayi yang baru lahir. Dimulai pada sekitar usia 4,5 bulan, orang tua Cina menggunakan  Lychee dikupas di tempat dot. 
Kandungan Gizi Leci - Lychee
Lychee/leci berisi rata-rata total 72 mg Vitamin C per 100 gram buah. Rata-rata sembilan buah Lychee akan cukup memenuhi  kebutuhan harianVitamin C orang dewasa. 



Secangkir buah Lychee, untuk diet  2000
Kalori, DV 14% dari tembaga, DV 9% fosfor, dan DV 6% dari kalium.
Leci  rendah lemak dan natrium jenuh dan kolesterol bebas (seperti semua makanan nabati). Sebagian besar energi dalam Lychee adalah dalam bentuk karbohidrat (gula). Leci tinggi polifenol, mengandung 15% lebih dari anggur, umumnya dirujuk sebagai
buah tinggi dalam polifenol 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar