Kandungan Gizi Mentimun - Ketimun - Timun



Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah.
Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.
Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Ketimun terdiri dari 96% air.

Mentimun berasal dari India. Berbagai genetik mentimun telah diamati di berbagai bagian India. Mentimun telah dibudidayakan selama setidaknya 3.000 tahun di Asia Barat, dan mungkin diperkenalkan ke bagian lain Eropa oleh Roma. Rekaman budidaya mentimun muncul di Perancis pada abad ke 9, Inggris pada abad ke-14, dan di Amerika Utara pada pertengahan abad ke-16.

Mentimun Inggris dapat tumbuh sepanjang 2 kaki (0,61 m). Mereka hampir tanpa biji, memiliki kulit yang lembut yang menyenangkan untuk makan, dan kadang-kadang dipasarkan sebagai "Burpless", karena biji dan kulit varietas lain dari mentimun dapat memberikan beberapa orang “gas”. Paling sering tumbuh di rumah kaca, mentimun ini parthenocarpic sering ditemukan di pasar grosir dibungkus dalam plastik.

Mentimun Asia Timur ringan, ramping, dalam hijau, dan memiliki kulit, bergerigi bergelombang. Mereka dapat digunakan untuk mengiris, salad, acar, dll, dan tersedia sepanjang tahun. Biasanya burpless juga.

Ketimun Lebanon kecil, berkulit halus dan ringan. Seperti mentimun Inggris, ketimun Lebanon hampir tanpa biji.

Ketimun Persia, lebih dikenal sebagai mentimun Mini tanpa biji, tersedia dari Kanada selama musim panas, dan sepanjang tahun dari Dominika.
 
 Apple ketimun adalah mentimun bulat pendek tumbuh di New Zealand dan bagian Eropa, yang dikenal untuk warna cahaya mereka kuning-hijau dan sedikit rasa manis. Ketika matang, buah dapat tumbuh duri kecil, dan berisi banyak biji hijau dimakan. Buah ini biasanya dimakan mentah, dengan kulit. 

Silika dalam mentimun merupakan komponen penting dari jaringan ikat yang sehat, termasuk otot, tendon, ligamen, tulang rawan, dan tulang. Jus mentimun sering direkomendasikan sebagai sumber silika untuk memperbaiki kulit dan kesehatan kulit, ditambah kandungan air yang tinggi membuat ketimun Teman alami hydrating-suatu keharusan untuk bersinar kulit. Ketimun juga digunakan secara topikal untuk berbagai jenis masalah kulit, termasuk bengkak di bawah mata dan terbakar sinar matahari. Dua senyawa dalam mentimun, asam askorbat dan asam caffeic, mencegah retensi air, yang mungkin menjelaskan mengapa ketimun dioleskan sering membantu untuk mata bengkak, luka bakar dan dermatitis.

Kandungan Gizi Mentimun - Ketimun - Timun
Melayani Ukuran 100 gr (100 g)


Jumlah per Porsi
Kalori 13 dari Lemak 0.90

% Nilai harian*
Total Lemak 0.10 g 0.2 %
  Lemak Jenuh 0.000 g 0.0 %
Kolesterol 0 mg 0.0 %
Sodium 2 mg 0.1 %
Total Karbohidrat 2.80 g 0.9 %
  Diet Serat 0.8 g 3.2 %
Protein 0.70 g 1.4 %

  Vitamin C8.3 %
  Vitamin B1 Thiamin1.3 %
  Vitamin B2 Riboflavin1.2 %
  Vitamin B3 Niasin1.0 %
  Vitamin B5 Asam Pantotenat acid1.8 %
  Vitamin B62.0 %
  Kalsium1.4 %
  Besi1.7 %
  Kalium4.1 %
  Fosfor2.0 %
  Magnesium2.8 %
  Seng1.3 %
  Tembaga1.5 %
  Mangan4.0 %
  C Sistein0.8 %
  F Fenilalanin2.2 %
  I Isoleusin1.5 %
  K Lisin1.4 %
  L Leusin1.1 %
  M Metionin1.1 %
  T Treonin1.8 %
  Tirosin1.3 %
  V Valin1.2 %
  W Triptofan1.8 %
* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Jumlah total lemak Kurang dari 65g
Lemak jenuhKurang dari 20g
KolesterolKurang dari 300mg
Sodium Kurang dari 2,400mg
Jumlah Karbohidrat 300g
Diet Serat25g
sumber : http://manycalories.com/id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar