Kandungan Gizi Tahu - Tofu


Anda mungkin tahu "Tahu" atau Tofu.
Tahu atau Tofu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi". Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han.
Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.
Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedang dan tahu Kediri.
Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, dan lain-lain.

Nilai gizi Tahu/Tofu per 100 g (3.5 oz) 
Energi 318 kJ (76 kcal) 
Karbohidrat 1,9 g
 Lemak 4,8 gjenuh 0,7 g 
Protein 8.1 g 
Kalsium 350 mg (35%)
 Besi 5.4 mg (43%) 
Magnesium 30 mg (8%) 
Sodium 7 mg (0%) 
Sumber: USDA Nutrient database

3 komentar:

Unknown mengatakan...

bgus sekali artikelnya. bisa menyelesaikan tgs saya. kunjungi jg blok saya di

http://daniwisnuwidiyanto.blogspot.com/

jgn lupa tinggalkan komentar juga ya!

Inung mengatakan...

Nice site, nice articles...
Really broaden my knowledge, especially about healthy life naturally.
Please visit my articles-site:
http://www.artikelpayudara.com

lovely mengatakan...

info menarik, lihat juga manfaat tahu yang lain di http://Yusy-Azzahro.blogspot.com/2012/11/Tips-menghilangkan-flek-hitam-diwajah.html

Posting Komentar