Menelaah nilai kandungan gizi Jambu Air - Water Apple


Jambu air atau Water Cherry, Watery Rose Apple, dan Lau Lau, merupakan buah yang enak dimakan, apalagi pas sudah masak dan dingin. Kadang dijadikan campuran rujak atau manisan.

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja.

Nama-nama lainnya adalah jambu ayer mawar (Malaysia), jambu aie (Min.), jambu cai (Sd.), jambu wer (Jw.), jhambhu wir (Md.), nyambu er (Bl.), kumpas, kumpasa, kombas, kembes (bahasa-bahasa di Sulut), jambu jene, jambu salo (Sulsel), jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo (aneka bahasa di Seram dan sekitarnya), dan lain-lain. Juga jambu kancing (Ind.), untuk kultivar yang buahnya kecil-kecil.
Di negara-negara lain, jambu ini dikenal sebagai machom phupa atau chomphu pa (Thai), tambis (Fil.), bell fruit, water apple (Ingg.) dan lain-lain.

Jambu air, seperti halnya jambu semarang dan jambu bol, biasa disajikan sebagai buah meja. Ketiga jenis jambu ini memiliki pemanfaatan yang kurang lebih serupa dan dapat saling menggantikan. Buah-buah ini umumnya dimakan segar, atau dijadikan sebagai salah satu bahan rujak. Aneka jenis jambu ini juga dapat disetup atau dijadikan asinan.

Kayunya yang keras dan berwarna kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah. Hanya biasanya ukurannya terlalu kecil. Baik pula digunakan sebagai kayu bakar.

Di daerah Kuningan, daun jambu air biasa digunakan sebagai pembungkus tape ketan. Tape Kuningan terkenal manis dan banyak berair.

Asal usul pohon buah ini tidak diketahui dengan pasti, namun diperkirakan dari wilayah Asia Tenggara. Sejak dahulu tanaman ini telah dipelihara sebagai pohon buah-buahan di kawasan ini, mulai dari wilayah Indocina hingga ke bagian timur Nusantara.

Kandungan Gizi Jambu air, 100 g
Water      93 g
Energy     25 kcal
Energy     105 kj
Protein     0.6 g
Total lipid (fat)     0.3 g
Ash     0.4 g
Carbohydrate, by difference     5.7 g
Fiber, total dietary     ~ g
Sugars, total     ~ g
Calcium, Ca     29 mg
Iron, Fe     0.07 mg
Magnesium, Mg     5 mg
Phosphorus, P     8 mg
Potassium, K     123 mg
Sodium, Na     ~ mg
Zinc, Zn     0.06 mg
Copper, Cu     0.016 mg
Manganese, Mn     0.029 mg
Selenium, Se     ~ mcg
Vitamin C, total ascorbic acid     22.3 mg
Thiamin     0.02 mg
Riboflavin     0.03 mg
Niacin     0.8 mg
Pantothenic acid     ~ mg
Vitamin B-6     ~ mg
Folate, total     ~ mcg
Vitamin B-12     ~ mcg
Vitamin A, IU     339 IU
Vitamin A, RAE     17 mcg_RAE
Retinol     ~ mcg
Vitamin E, added     ~ mg
Fatty acids, total saturated     ~ g
Fatty acids, total monounsaturated     ~ g
Fatty acids, total polyunsaturated     ~ g
Cholesterol     ~ mg
sumber nilai gizi : http://caloriecount.about.com/calories-rose-apples

Tidak ada komentar:

Posting Komentar