Kandungan Gizi Aprikot - Apricots


Aprikot - apricots(Prunus armeniaca, bahasa Latin untuk "plum Armenia", syn. Armeniaca vulgaris Lam., Armenia: Ծիրան, Mandarin: xing) adalah salah satu spesies dari subgenus Prem. Asal tanaman ini sulit dipastikan karena sudah dibudayakan orang sejak zaman prasejarah. Kemungkinan besar tanaman ini berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, tapi mungkin juga berasal dari Korea atau Jepang.

Aprikot - apricots adalah pohon yang kecil, tinggi 8-12 m, dengan batang sampai 40 cm dan diameter kanopi, padat menyebar. Daun bulat telur, 5-9 cm dan 4-8 cm lebar, dengan dasar bulat, ujung runcing dan margin bergerigi halus. Bunganya diameter 2-4,5 cm, dengan lima kelopak putih merah muda, mereka diproduksi secara tunggal atau berpasangan pada awal musim semi sebelum daun. Buah adalah buah berbiji mirip dengan persik kecil, diameter 1,5-2,5 cm (lebih besar dalam beberapa kultivar modern), dari kuning ke oranye, sering diwarnai merah di samping yang paling terkena sinar matahari, permukaannya biasanya pubescent. Benih tunggal tertutup di shell berbatu keras, sering disebut sebagai "batu", dengan kasar, tekstur yang halus kecuali untuk tiga pegunungan mengalir di satu sisi.

Menurut hasil riset, seperti dijelaskan Dr. Maoshing Ni, aprikot mengandung carotenoids. Malah, kandungannya paling tinggi di antara buah-buahan lain.

Carotenoids adalah antioksidan yang membantu pencegahan serangan jantung. Selain itu juga mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, dan melindungi badan dari kemungkinan penyakit kanker yang ganas.

Inti buah aprikot ada di dalam bijinya. Ini juga memiliki beberapa kegunaan untuk menjaga kesehatan. Antara lainm memperkuat sistem respirasi juga mengurangi batuk dan asthma.

Namun sebaiknya Anda berhati-hati dalam mengkonsumsi aprikot. Bagian ujung biji aprikot mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia. Ini bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh.

Untuk dapat mereguk manfaat baik aprikot, Anda bisa membuang bagian ujung biji. Jangan makan lebih dari lima buah dalam satu hari.


Kandungan Gizi Aprikot, mentah Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 201 kJ (48 kcal)
Karbohidrat 11 g
Gula 9 g
Diet serat 2 g
Lemak 0,4 g
Protein 1,4 g
Vitamin A equiv. 96 mg (11%)
- Beta-karoten 1094 mg (10%)
Vitamin C 10 mg (17%)
Besi 0,4 mg (3%)
Sumber: USDA Nutrient database

Kandungan Gizi Aprikot, kering nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 1.009 kJ (241 kcal)
Karbohidrat 63 g
Gula 53 g
Diet serat 7 g
Lemak 0,5 g
Protein 3.4 g
Vitamin A equiv. 180 mg (20%)
- Beta-karoten 2163 mg (20%)
Vitamin C 1 mg (2%)
Besi 2,7 mg (22%)
Sumber: USDA Nutrient database

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar