Kandungan Gizi Persik - Peach

Buah ini tidak ada hubungannya dengan Dewi Persik, dan sepertinya Dewi persik-pun tidak ada hungannya denga persik buah, kecuali kemiripan namanya saja.
Persik - peach (Prunus persica) adalah tanaman tanaman berbuah dari famili Rosaceae. Buah ini disebut juga sebagai buah momok di dalam Bahasa Jepang. Buah persik memiliki daging berwarna kuning dengan aroma harum dan memiliki satu biji yang keras.

Persik dikenal di Cina, Jepang, Korea, Laos, dan Vietnam tidak hanya sebagai buah yang populer tetapi untuk banyak cerita rakyat dan tradisi yang terkait dengannya.

Pohon peach (Prunus persica) adalah spesies asli Prunus ke China yang dikenal sebagai buah berair yang dapat dimakan disebut buah persik. Pohon peach adalah pohon gugur tumbuh 4-10 m (13-33 kaki), Prunoideae subfamili dari keluarga Rosaceae. Hal ini diklasifikasikan dengan almond di Amygdalus subgenus dalam genus Prunus, dibedakan dari subgenera lain oleh biji shell bergelombang.

Daun lanset, 7-16 cm (2,8-6,3) panjang, 2-3 cm (0,79-1,2 dalam) luas, pinnately berurat. Bunga-bunga yang dihasilkan pada awal musim semi sebelum daun, mereka soliter atau berpasangan, diameter 2,5-3 cm, merah muda, dengan lima kelopak. Buah ini memiliki daging kuning atau keputihan, aroma lembut, dan kulit yang baik beludru (peach) atau halus (nektarin) di kultivar yang berbeda. Daging sangat halus dan mudah memar di beberapa kultivar, namun cukup tegas dalam beberapa varietas komersial, terutama ketika hijau. Benih, satu besar berwarna merah-coklat, berbentuk oval, sekitar 1,3-2 cm, dan dikelilingi oleh kulit kayu-seperti. Persik, bersama dengan ceri, plum dan aprikot, adalah buah batu (drupes).



Nilai Kandungan Gizi buah Persik per 100 g (3.5 oz)
Energi 165 kJ (39 kcal)
Karbohidrat 9,5 g
Gula 8.4 g
Diet serat 1,5 g
Lemak 0,3 g
Protein 0,9 g
Vitamin A equiv. 16 mg (2%)
Folat (Vit. B9) 4 mg (1%)
Vitamin C 6,6 mg (11%)
Besi 0,25 mg (2%)
Kalium 190 mg (4%)
Sumber: USDA Nutrient database

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar