Ramadhan Iftar, berbagai istilah berbuka puasa diberbagai Negara

Dalam Bulan Ramadhan, setiap Muslim didunia melakukan Puasa sebulan Penuh sebagai bentuk kewajiban sebagai seorang Muslim. Dan setiap berpuasa maka diikutri kewajiban untuk berbuka puasa.

Istilah berbuka Puasa adalah istilah di Indonesia untuk mengakhiri Puasa selama kurang lebih 14 jam. Dalam Istilah Arab disebutkan sebagai Ramadhan Iftar.

Ramadhan Iftar, atau dalam istilah Indonesia berbuka puasa merupakan istilah yang saat saya menulis belum begitu akrab ditelinga orang Indonesia. 

Bahkan sebagian Kita yang ingin "meng-Inggris-kan" istilah Ramadhan Iftar atau berbuka Puasa kadang menulis dengan istilah Open Fasting (yang menurut saya agak sedikit memaksakan) atau break fasting (yang mirip dengan istilah breakfast - sarapan).Menggunakan Istilah Inggris dalam social media kadang memang terlihat keren, tapi kalau ngawur jadinya malu sendiri.

Padanan Ramadhan Iftar diberbagai negara antara lain, Malaysia dan Indonesia menyebutnya berbuka puasa, Brunei dengan sungkai, Maldives dengan Roadha Villun, dan Negara lainnya menyebutnya dengan Ramadhan Iftar. 

Ramadhan Iftar lebih sering digunakan oleh muslim dinegara dengan Eropa dan Amerika, yang diartikan secara harfiah break a fast (namun istilah break a fast ini jarang digunakan untuk puasa Ramadhan)

Berbagai Istilah yang berhubungan dengan Ramadhan :
Sahur - Sehur, Sehri, Sahari, سحور
Lebaran - Aidilfitri (Malaysia, Singapura, Brunei); Wakas ng Ramadan, Hari Raya Puasa (Philippina); Nonbu Perunaal (Tamil) Riyoyo, Riyayan, Rozar Eid Bengali, ; Boboran Siyam (Sunda); Uroë Raya Puasa (Aceh); Rojar Eid (Bangladesh); Ramazan Bayramı, Şeker Bayramı, Küçük Bayram (Turki); Orozo Mayram (Kyrgyz); Rozi Heyt (Uyghur);  Korite (Senegal); Id (Uganda); Sallah (Hausa); Kochnay hi supAkhtar (کوچنی اختر) (Pashto); Eid-e Sa'eed-e Fitr (The Mirthful Festival of Fitr, Persia); Choti Eid (Urdu); Meethi Eid (Urdu); Cheriya Perunnal (Malayalam); Ramazanski bajram (Bosnia); Bajram (Albania); Cejna Remezanê (Kurdi); Ramazanski bajram (Croatia); Рамазански бајрам (Serbia); Ciid Yare (Somalia); Id al-Fater (Ethiopia)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar