Menu Sederhana paling pas Untuk Buka Puasa

Puasa adalah cara yang ampuh untuk membersihkan dan cara detoksifikasi tubuh yang gratis dan aman. Sama pentingnya dengan puasa selama periode puasa adalah mengetahui apa yang dimakan, dan dalam jumlah berapa, saat akan berbuka puasa. 

Ketika berpuasa tubuh tidak mendapatkan pasokan makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam. Karena itu, ketika berbuk, maka tubuh membutuhkan makanan dan minuman yang dapat mengembalikan kondisi tubuh lebih cepat, terutama untuk stamina shalat tarawih dan ibadah malam lainnya. 

  

Berbuka merupakan kewajiban bagi muslim yang berpuasa, bahkan harus disegerakan. Mungkin berbuka puasa adalah kewajiban yang paling menyenangkan. Namun intisari dari berbuka puasa tetap dalam koridor Ramadhan yaitu menahan hawa nafsu. Bukan berbuka dengan nafsu [nafsu memikirkan menu buka puasa yang berlebihan, semua mau dibeli], kalau begitu maka hikmah Ramadhan tidak terserap dengan baik.

Berikut ini adalah makanan yang simpel, sederhana yang praktis tanpa diolah dengan sulit, yang tidak lebih dan juga tidak kurang :

Kurma [lihat -
Kandungan gizi Kurma]
Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan tinggi kalium 64 persen lebih tinggi dari pisang. Nutrisi ini disebut beta-D-glucan adalah serat larut yang dapat meningkatkan daya lebih cepat. 


Madu
Konsumsi dua sendok makan madu murni, akan meningkatkan pasokan energi. Madu mengandung flavonoid dan antioksidan dan fitokimia yang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan.

Jus Buah
Mengkonsumsi buah yang mudah dicerna seperti semangka, anggur dan apel. Selama puasa, usus akan menyusut sehingga perlu jenis makanan yang mudah diolah. Untuk lebih praktis, membuat jus buah tanpa gula.


Ilustrasi Gambar :
http://chickenstrip.wordpress.com/2008/09/01/chickenstrip-114-a-date/#comment-9186 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar