Nilai Kandungan Gizi dan khasiat Jambu Biji - Guava


Jambu biji atau kadang ada yang menyebutnya jambu klutuk adalah buah yang rasanya mirip seperti buah pir + buah melon kalau sudah matang (menurut saya). Bisa dimakan langsung atau kadang dibuah jus.

Jambu biji (Psidium guajava) memiliki manfaat beragam bagi kesehatan. Mengkonsumsinya secara rutin dapat mencegah berbagai macam penyakit. Selain baik bagi kesehatan, jambu biji ini harganya relatif murah dibandingkan dengan buah-buah lain.

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.

Daun jambu biji dikenal sebagai bahan obat tradisional untuk batuk dan diare. Jus jambu biji "bangkok" juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue.

Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari kebutuhan harian), yang membuatnya menjadi pencahar massal yang baik. Kandungan serat membantu melindungi usus besar selaput lendir dengan mengurangi waktu terkena racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.

Kandungan Gizi Jambu Biji (Psidium guajava), segar,
Nilai gizi per 100 g.
(Sumber: USDA National Nutrient data base)
Prinsip Nilai Gizi Persentase AKG
Energi 68 Kcal 3,5%
Karbohidrat 14,3 g 11,5%
Protein 2,55 g 5%
Total Lemak 0,95 g 3%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat diet 5.4 g 14%
Vitamin
Folates 49 mcg 12,5%
Niacin 1,084 mg 7%
Asam pantotenat 0.451 mg 9%
Pyridoxine 0,110 mg 8,5%
Riboflavin 0,040 mg 3%
Thiamin 0,067 mg 5,5%
Vitamin A 624 IU 21%
Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%
Vitamin K 2.6 mcg 2%
Elektrolit
Natrium 2 mg 0%
Kalium 417 mg 9%
Mineral
Kalsium 18 mg 2%
Tembaga 0,230 mg 2,5%
Besi 0,26 mg 3%
Magnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0,150 mg 6,5%
Fosfor 11 mg 2%
Selenium 0.6 mcg 1%
Seng 0,23 mg 2%
Phyto-nutrisi
ß-karoten 374 mcg -
Crypto-xanthin-ß 0 mcg -
Lycopene 5204 mcg -

6 komentar:

akhmad arrofi mengatakan...

apakah jambu biji bisa mengobati deman berdarah????

Imran Prayitno mengatakan...

demam berdarah disebabkan oleh VIRUS DENGUE
Penyakit yang disebabkan virus biasanya memiliki gejala beragam atau lebih dikenal sebagai sindrom, dan yang paling membahayakan adalah renjatan atau syok tipe hipovolemik dan perdarahan spontan, sehingga penderita bisa mengalami kematian, biasanya terapinya adalah pemeliharaan cairan tubuh, pasien harus banyak minum atau kalau dirumah sakit biasanya diInfus, selebihnya pengobatan gejala penyerta, kalau demam diberi antidemam dan sebagainya. Jambu biji memang secara mitos dapat "menyembuhkan", namun istilah menyembuhkan kurang tepat, karena Demam berdarah tidak ada obatnya sampai sekarang, hanya menjaga jangan sampai terjadi fase lanjut...Intinya adalah banyak konsumsi cairan, Saya belum mendapatkan referensi ilmiah bahwa Jambu biji atau Guava dapat "menyembuhkan demam berdarah

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

enaknya makan jambu merah..

delsen mengatakan...

jambu kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, di anjurkan sering mengonsumsi jambu,terutama jambu batu.

http://delsenways.blogspot.com/

delsen mengatakan...

info bermanfaat

delsen mengatakan...

info bermanfaat

Posting Komentar