Kandungan Gizi Nenas - Nanas - Pineapple



Nanas, nenas, pineapple atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Nama Lokal :
NAMA DAERAH: Sumatera: ekahauku (Enggano), anes (Aceh), nas (Gayo), henas, kenas, honas, hanas (Batak), gona (Nias), asit, nasit (Mentawai), enas, kanas, nanas (Melayu), aneh, naneh (Minangkabau), kanas, kanyas, nas, nyanyas (Lampung). Jawa: danas, ganas (Sunda), nanas (Jawa); lanas, nanas (Madura): Kalimantan: kanas, samblaka, malaka, uro usan, kayu usan, kayu ujan, belasan. Nusa Tenggara: manas (Bali), nanas (Sasak), aruma, fanda, pandal (Bima), panda (Sumba), nana (Sawu), peda, anana, pedang (Flores), parangena, nanasi (Taluud).Sulawesi: tuis mangandow, na'asi, nanasi, tuis, tuis ne walanda, busa, pinang (Ut.Alf.), nanati (Gorontalo), lalato (Buol), nanasi (Toraja), pandang (Makasar, Bugis), edan, ekam, hedan (Timor). esne (Kisar), ngewu (Tanimbar). Maluku: ai nasi, than baba-ba, kai nasi (Seram Timur), bangkalo, kampora, kanasoi (Seram Barat), anasu, banggala, bangkala, kai nasu, kambala, kampala (Seram selatan), arnasinu, kanasi, kurnasin, mangala, nanasi (Amb.Alf.), nanasu, anasul (Ulias). Irian Jaya: Manilmap, miniap. NAMA ASING: Pineapple (I), ananas (I;B;P;J), Pinya (Tag.). NAMA SIMPLISIA: Ananas Fructus (buah nanas).

Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung -- bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk -- menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif.

Di Indonesia, propinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Nanas merupakan sumber mangan yang baik (91% nilai harian dalam cangkir 1 porsi), serta mengandung sejumlah besar vitamin C (94% nilai harian dalam cangkir 1 porsi) dan vitamin B1 (nilai harian 8% dalam cangkir 1 porsi) .

Nanas mengandung enzim bromelain proteolitik, yang memecah protein. Jus nanas dengan demikian dapat digunakan sebagai bumbu dan pelunak daging. Enzim dalam nanas mentah dapat mengganggu penyusunan beberapa makanan, seperti jeli atau makanan penutup lain yang berbasis gelatin tapi itu rusak dalam memasak atau proses pengalengan.

Konsumen nanas telah mengklaim bahwa nanas memiliki manfaat untuk beberapa gangguan usus, dan lain percaya itu berfungsi sebagai pereda nyeri;  yang lain mengklaim bahwa itu membantu untuk mendorong melahirkan ketika bayi sudah terlambat.


Nilai Kandungan gizi Nenas per 100 g (3.5 oz)
Energi 202 kJ (48 kcal)
Karbohidrat 12,63 g
Gula 9,26 g
Diet serat 1,4 g
Lemak 0,12 g
Protein 0,54 g
Thiamine (Vit. B1) 0,079 mg (6%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,031 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0,489 mg (3%)
Asam pantotenat (B5) 0,205 mg (4%)
Vitamin B6 0,110 mg (8%)
Folat (Vit. B9) 15 mg (4%)
Vitamin C 36,2 mg (60%)
Kalsium 13 mg (1%)
Besi 0,28 mg (2%)
Magnesium 12 mg (3%)
Fosfor 8 mg (1%)
Kalium 115 mg (2%)
Seng 0,10 mg (1%)
Sumber: USDA Nutrient database
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar