Kandungan asam oksalat Belimbing yang harus diwaspadai penderita Gagal Ginjal


Seberapa suka Anda akan belimbing? Pastikan dulu Anda tidak menderita gangguan ginjal.

Orang yang bermasalah pada ginjalnya harus menghindari konsumsi buah ini karena mengandung asam oxalat. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya yang lebih tinggi.

Orang yang memiliki kolesterol tinggi atau penderita diabetes juga harus menghindari buah ini, karena kandungan gulanya yang tinggi. (lihat kandungan gizi belimbing)

Belimbing adalah buah yang cukup kompleks dengan banyak manfaat, tapi seperti stroberi, satu persen kecil dari populasi manusia harus berhati-hati dengan buah Belimbing karena alasan kesehatan. Seperti jeruk itu, carambola atau belimbing mengandung asam oksalat, yang bisa berbahaya bagi individu yang menderita gagal ginjal, batu ginjal, atau di bawah perawatan dialisis ginjal. Konsumsi oleh mereka dengan gagal ginjal dapat menghasilkan cegukan, muntah, mual, dan kebingungan mental. Hasil Fatal telah didokumentasikan dalam beberapa pasien.

Menurut Prof Dr Tan: "Belimbing mengandung racun saraf yang tidak ada dalam buah-buahan lainnya. Ini mempengaruhi otak dan saraf. Pada orang sehat, ginjal menyaring keluar. Pada pasien ginjal, tidak dapat dihapus dan memperburuk kondisi mereka ".

"Masyarakat harus waspada dengan reaksi terhadap buah belimbing. Carilah gejala awal termasuk cegukan, mati rasa dan kelemahan, dan gejala neurologis termasuk kebingungan, agitasi dan  epilepsi, "katanya.


referensi:
  • http://www.snopes.com/food/warnings/starfruit.asp
  • http://healingpastures.com/2009/10/25/star-fruit-health-risk/
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Carambola

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar