Ikhtisar kandungan gizi Semangka - watermelon



Semangka - watermelon atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.



Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari ammonia dan CO2, sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi, dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan anti oksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E.
Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning, protein, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada bijinya dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah.

Kandungan Gizi Semangka, mentah (bagian yang dapat dimakan) Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 127 kJ (30 kcal)
Karbohidrat 7,55 g
Gula 6.2 g
Diet serat 0,4 g
Lemak 0,15 g
Protein 0,61 g
Air 91,45 g
Vitamin A equiv. 28 mg (3%)
Thiamine (Vit. B1) 0,033 mg (3%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,021 mg (1%)
Niacin (Vit. B3) 0,178 mg (1%)
Asam pantotenat (B5) 0,221 mg (4%)
Vitamin B6 0,045 mg (3%)
Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
Vitamin C 8,1 mg (14%)
7 mg Kalsium (1%)
Besi 0,24 mg (2%)
Magnesium 10 mg (3%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 112 mg (2%)
Seng 0,10 mg (1%)
Sumber: USDA Nutrient database

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas, nanya dong. Airnya kan udah 91,45 gram dari 100 gram (91%), kalau ditambah dengan kandungan lain totalnya lebih dari 100%. Kok bisa gitu?

Poskan Komentar