Kandungan gizi Frambosia -Raspberry



Frambosia atau Frambos atau ada yang mengenalnya dengan Raspberry merupakan buah yang jarang ada di Indonesia, dan jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia, mungkin ada yang pernah minum sirup Frambosia?

Frambosia - Rasberry adalah buah dapat dimakan dari banyak spesies tanaman dalam genus Rubus, yang sebagian besar berada di Idaeobatus subgenus, nama juga berlaku untuk tanaman ini sendiri. Nama awalnya disebut spesies Eropa Rubus idaeus (dengan buah merah), dan masih digunakan sebagai nama standar bahasa Inggris.


Benih yang agak beracun, mengandung sejumlah kecil amygdalin, suatu glikosida sianogen, tetapi biasanya tidak cukup berbahaya bagi manusia.
Raspberry mengandung sejumlah besar antioksidan seperti pigmen antosianin terkait dengan perlindungan kesehatan potensial terhadap beberapa penyakit manusia.  Struktur buah agregat memberikan kontribusi nilai gizi, seperti meningkatkan proporsi serat makanan, menempatkannya di antara makanan nabati dengan kandungan serat tertinggi , sampai serat 20% per berat total. Raspberry merupakan sumber yang kaya vitamin C, dengan 30 mg per porsi 1 cangkir (nilai harian sekitar 50%), mangan (nilai harian sekitar 60%) dan serat (30% nilai harian). Isi vitamin, B 1-3 asam folat, magnesium, tembaga dan besi cukup besar dalam raspberry.
Raspberry peringkat di bagian atas semua buah-buahan untuk kekuatan antioksidan, terutama karena mereka  padat asam ellagic (dari ellagotannins), kuersetin, asam galat, anthocyanin, cyanidins, pelargonidins, catechin, kaempferol dan asam salisilat.


Karena isi yang kaya vitamin C dan antioksidan polifenol yang disebutkan di atas, raspberry memiliki nilai orac (kapasitas oksigen absorbansi radikal) dari sekitar 4.900 per 100 gram, termasuk mereka di antara peringkat teratas buah orac. Cranberry dan blueberry liar memiliki sekitar 9000 unit orac dan apel rata-rata 2800. 


Nilai kandungan gizi frambosia/raspberry per 100 g (3.5 oz) 

Energi 263,592 kJ (63,000 kkal) 
Karbohidrat 14,7 g 
Gula 5.4 g 
Diet serat 8 g 
Lemak .8 g jenuh 0 g
monounsaturated .1 g 
polyunsaturated .5 g 
Protein 1,5 g 
Vitamin A equiv. 1 mg (0%) -
Beta-karoten 120 mg (1%) 
Vitamin C 54 mg (90%) 
Kalsium 3 mg (0%) 
Besi 5 mg (40%) 
Sodium 1 mg (0%) 
Sumber: USDA Nutrient database

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar