Markisa (passion fruit), sejarah serta manfaat Kesehatan & Gizi



Markisa (Portugis: maracujá; Spanyol: maracuyá) tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika.
Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).
Markisa segar tinggi di beta karoten, kalium, dan serat makanan. Jus buah Markisa adalah sumber yang baik asam askorbat (vitamin C), dan baik bagi orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi Varietas kuning digunakan untuk pengolahan jus, sedangkan varietas ungu dijual di pasar buah segar..
Di Meksiko, markisa digunakan untuk membuat jus atau dimakan mentah dengan bubuk cabai dan jeruk nipis.
Puerto Rico, di mana buah ini dikenal sebagai "Parcha", secara luas dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Mungkin karena mengandung alkaloid harmala dan merupakan RIMA ringan. Jus buah Markisa juga sangat umum di sana dan digunakan dalam jus, es krim atau kue-kue.
Di Peru, markisa digunakan dalam beberapa makanan penutup, terutama cheesecake. Hal ini juga mabuk sendiri sebagai jus markisa dan digunakan dalam variasi ceviche dan koktail, termasuk markisa masam, sebuah variasi dari Pisco Sour
Di Filipina, markisa umumnya dijual di pasar umum dan di sekolah umum. Beberapa vendor menjual buah dengan sedotan di dalamnya untuk menyedot biji dan jus dalam. Hal ini tidak terlalu populer karena rasa asam, dan buah sangat musiman.
Di Vietnam, markisa dicampur dengan madu dan es untuk membuat smoothie menyegarkan.
Di Afrika Selatan, markisa, yang dikenal secara lokal sebagai Granadilla (varietas kuning sebagai Guavadilla), digunakan untuk yogurt rasa. Hal ini juga digunakan untuk membumbui minuman ringan seperti Schweppes Sparkling Granadilla dan minuman ramah banyak. Hal ini sering dimakan mentah atau digunakan sebagai topping untuk kue dan kue tar. jus Granadilla biasanya tersedia di restoran. Varietas kuning digunakan untuk pengolahan jus, sedangkan varietas ungu dijual di pasar buah segar.
Di Amerika Serikat sering digunakan sebagai bahan dalam campuran jus.

Manfaat Kesehatan & Gizi Makan Buah Markisa

    * Jus buah markisa mengurangi pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian sedang dilakukan tentang masalah ini, fitokimia dalam jus buah yang dianggap menghambat pertumbuhan sel kanker.
    * Asam fenolik dan flavonoid hadir dalam buah yang seharusnya memiliki fungsi melindungi jantung.
    * Profil fenolik buah ini dikenal aktivitas anti-mikroba.
    * Markisa merupakan sumber antioksidan yang baik, baik yang larut air larut dan lemak.
    * Buah Passion dianggap baik untuk produk yang membutuhkan pasteurisasi.
    * Buah ini cukup tinggi di karbohidrat dan gula sederhana, yang meningkatkan kinerja atletik.
    * Ini mengandung sterol, yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.
    * Buah Gairah adalah suatu reservoir vitamin C, vitamin A dan Kalium.
    * Benih buah merupakan sumber
serat yang sangat vital .


lihat juga : kandungan gizi markisa
   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar