Begadang jangan begadang...jika tak ada gunanya, bisa bikin gemuk bro..

Kita semua tahu bahwa kita seharusnya memiliki porsi makan yang sehat. Nyatanya sebagian orang sulit melakukanya. Jarang yang bertanya kok saya bisa begitu banyak makan ya hari ini, padahal gak ngapa-ngapain. Pengeluaran kalori negatif tapi pemasukan kalori positif (cemberut mode on)



Anda yang tidak mendapatkan cukup tidur, kehilangan “zzz” tidak hanya menempatkan Anda dalam sedikit penurunan mental kerja, tetapi itu juga memicu konstelasi aktual perubahan metabolik yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kurangnya tidur mempengaruhi dua hormon penting yang mengontrol nafsu makan dan kenyang, leptin dan ghrelin, kata Kristen L. Knutson, PhD, penelitian yang mengkhususkan diri dalam tidur dan kesehatan di University of Chicago Department of Medicine. Menurut penelitian yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine, orang-orang yang tidur hanya empat jam per malam untuk dua malam mengalami penurunan 18 persen leptin (hormon yang memberi sinyal otak bahwa tubuh telah cukup untuk makan) dan 28 persen peningkatan ghrelin (hormon yang memicu rasa lapar), dibandingkan dengan mereka yang punya lebih banyak istirahat. Hasilnya: studi kekurangan tidur, relawan melaporkan 24 persen peningkatan dalam nafsu makan.

Bagaimana mengatasinya : Ketika kita lelah, kita merasa lapar terhadap semua makanan yang terlihat, terutama jika itu manis atau tinggi karbohidrat. Itu mungkin karena makanan ini memberi tambahan energi dan kenyamanan (karena kurang tidur adalah pemicu stres), Knutson kata. Untuk neredam keinginan untuk menjadi gemuk, makanan dan energi masih bisa didapat dari kombinasi karbohidrat dan protein kompleks. “Jika Anda merasa lelah, Anda ingin karbohidrat. Tapi carilah makanan serat tinggi karbohidrat untuk energi jangka panjang, “kata Keri Gans, RD, juru bicara untuk American Dietetic Association (ADA). “Serat terbakar lebih lambat dari gula sederhana, dan menambahkan beberapa protein yang membuat Anda merasa puas lebih lama. Anda juga bisa mencegah hasrat yang tidak terkendali dengan memprioritaskan tidur nyenyak, tujuh sampai sembilan jam malam.

Penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti Jepang, menemukan bahwa semakin kurang tidur memicu hormon dalam darah yang merangsang nafsu makan. Ini berarti bahwa laki-laki yang tidak mendapatkan cukup shuteye cenderung untuk menemukan jalan ke lemari es.

“Itu (hormon) meningkat rasa lapar serta nafsu makan untuk makanan berkalori tinggi,”The Australian mengutip pemimpin penulis studi tersebut, Universitas Nihon departemen medis profesor Yoshitaka Kaneita mengatakan.

Sebagai bagian dari studi, para peneliti yang dipimpin oleh Prof Kaneita dianalisis 21.693 orang pada tahun 1999 dan ditindaklanjuti untuk melihat bagaimana mereka lakukan pada tahun 2006. Mereka menemukan bahwa pria yang tidak gemuk pada tahun 1999 , 1,36 kali lebih cenderung menjadi gemuk jika, pada rata-rata, mereka punya waktu kurang dari lima jam tidur setiap malam.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka tidak cukup tidur juga 1,27 kali lebih tinggi cenderung memiliki kadar gula darah.

Bagaimana, apakah Anda cukup tidur ketika membaca artikel ini, sehingga anda tidak perlu ngeli lagi?

adaptasi : click this link

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar