Kandungan Gizi Duku - Langsat


Duku adalah nama umum dari sejenis buah-buahan anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini dikenal pula dengan nama-nama yang lain seperti langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda.

Duku adalah tumbuhan identitas untuk Provinsi Sumatera Selatan.

Langsat buah biasanya dimakan segar, tetapi mungkin  bisa dalam kaleng. bagian tanpa biji dapat dikeringkan seperti kismis, yang dilakukan di Filipina.


Komposisi Kandungan  gizi Duku/Langsat per 100g karbohidrat 7,8-14,2 g Protein 0,4-0,7 g Kalsium 10-19 mg Fosfor 20 mg Besi 1 mg Tiamin 0,05 mg Riboflavin 0.02 mg Niacin 0,5 mg Vitamin C 4-13,4 mg

Beberapa bagian tanaman telah menggunakan obat. Kulit buah dikeringkan dan dibakar untuk mengusir nyamuk, melainkan juga digunakan untuk mengobati parasit usus dan diare. bubuk biji digunakan untuk mengurangi demam, dan kulit digunakan untuk mengobati malaria dan sengatan kalajengking.

1 komentar:

Poskan Komentar