Mens Sana in Corporesano


Kata-kata ini lebih mudah kita ingat bila kita bandingkan dengan Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat...
Apakah anda termasuk dalam kategori Mens sana in Corporesano...?
Adakah yang mengatakan pada Anda..."wow...Anda kelihatan sehat sekali...!" mungkin pernah.
Adakah yang mengatakan pada Anda..."Resepnya ap sih kok Anda jarang sakit..?" mungkin pernah.
Tapi apakah ada yang mengatakan pada Anda.."Wow Jiwa Anda begitu sehat...?" saya tidak pernah mendengarnya, mungkin Anda pernah.

Seseorang kadang kita lihat berolahraga setiap kali kita bertemu, wajahnya selalu ceria, tubuhnya selalu bergerak, pembicaraannya membuat kita semangat. Senang rasanya bertemu dia, walaupun dia tidak menyentuh tubuh Anda tapi Anda merasakan energinya mengalir ke tubuh Anda. Tetapi suatu hari dia berolahraga dengan wajah penuh kerutan didahi, pandangan mata yang tajam seakan kita ingin dipukulnya walaupun sedetik kemudian di tersenyum kepada kita. Pada saat seperti ini kita tidak lagi merasakan energinya mengalir ketubuh kita. Energi yang biasa terpancar entah tiba-tiba hilang kemana...

Pernah saya lihat seseorang tergulai lemas di sebuh ranjang disebuah Rumah Sakit, tubuhnya hampir tidak pernah bergerak, suaranya hampir tidak pernah terdengar, Sang dokter berkata pada keluarganya.."tolong beri dia Semangat..!". Besok saya melihat dia lagi, keadaan yang sama, besok lagi, besoknya lagi. Semakin lama melihatnya saya merasakan pancaran energi yang sama seperti energi yang saya dapatkan dari orang yang sering berolahraga tadi. Betapa kuat semangatnya mengalahkan sesuatu yang dia hadapai yang kita tidak tahu seberat apa itu. Dia tersenyum, dia berkata-kata, walaupun tidak bergerak sama sekali, rapuh fisiknya.

Terkadang disaat kita merasa begitu bugarnya disaat yang sama kita merasa begitu lemasnya, disaat kita merasa begitu lemahnya disaat yang sama kita merasa begitu kuatnya. Jiwa yang rapuh dapat mebuat fisik Anda begitu rapuhnya tidak peduli bugarnya anda. Fisik yang rapuh membuat anda begitu rapuhnya menghadapi apa yang akan terjadi. Sulit menyandingkan fisik dan jiwa yang sehat bersamaan. Tetapi begitu mudahnya menyandingkan fisik yang rapuh dan jiwa yang rapuh bersamaan.

1 komentar:

Demensia praecock mengatakan...

menyandingkan fisik dan jiwa yang rapuh bersamaan...? kata-kata yang menarik...

Poskan Komentar