Tips : Cara Sehat Mencuci Buah dan Sayuran


Kebersihan adalah sebagian dari iman.
Membeli makanan merupakan kegiatan manusia yang tiada henti sampai kiamat nanti, namun membersihkan makanan yang kita beli  bukanlah "kegiatan manusia" yang pasti. Tidak dari semua kita membersihkan makanan yang kita beli, termasuk buah dan sayuran, dan terutama yang dimakan mentah tanpa dimasak. Jadi, saling mengingatkan, dibawah ini ada tips untuk membersihkan buah dan sayur yang kita beli. Semoga bermanfaat.

Cara Sehat Mencuci Buah dan Sayuran
  1. Mulailah dengan menjaga dapur Anda, kulkas, peralatan masak dan peralatan makan bersih.
  2. Selalu cuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan penanganan buah-buahan dan sayuran.
  3. Jauhkan sayuran segar hijau, buah-buahan dari daging mentah untuk menghindari kontaminasi silang.
  4. Hindari sayur dan buah memar, berjamur dan lembek.
  5. Tunggu sampai sesaat Anda makan atau menyiapkan buah-buahan dan sayuran untuk dimakan. Buah-buahan dan sayuran memiliki lapisan alami yang menjaga kelembaban di dalam, dan mencuci mereka akan membuat mereka lapisan ini cepat hilang.
  6. Cuci semua pra-paket buah-buahan dan sayuran, bahkan jika label mengklaim mereka adalah buah dan sayur yang dudah di-pra-dicuci.
  7. Cuci semua bagian dari buah-buahan dan sayuran, bahkan jika Anda tidak berencana untuk makan mereka. Bakteri dapat hidup pada kulit jeruk atau kulit mentimun, misalnya. Meskipun Anda mungkin mengupas mereka dan melemparkan mereka ke tempat sampah, bakteri dapat ditransfer dari luar dari buah atau sayuran dari pisau yang Anda gunakan untuk memotong dan kemudian ke bagian-bagian yang akan makan.
  8. Cuci Lembut buah-buahan dan sayuran dengan air. Jangan menggunakan sabun, deterjen, pemutih atau bahan kimia pembersih beracun. Bahan kimia ini akan meninggalkan residu.
  9. Buah-buahan dan sayuran yang lebih kencang, seperti apel dan kentang, bisa digosok dengan sikat sayuran (beli langsung) dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan residu.
  10. Angkat dan buang daun selada luar kepala dan kubis, dan benar-benar bilas sisa daun.
  11. Cuci buah dan buah-buahan kecil lainnya secara menyeluruh dan tiriskan di sebuah saringan.

Ingat bahwa buah-buahan dan sayuran yang anda beli mungkin terlihat bersih ketika Anda memilih mereka keluar di toko kelontong, tetapi Anda tidak bisa melihat bakteri atau bahan kimia. buah-buahan dan sayuran Anda masih perlu dicuci sebelum makan untuk tamu atau anggota keluarga.

Sources:
"5 A Day: Tips: Washing Fruits and Vegetables." Centers for Disease Control and Prevention. <http://www.cdc.gov/nccdphp/dnpa/5ADay/tips/washing.htm>
Phillips CA, Harrison MA. "Comparison of the microflora on organically and conventionally grown spring mix from a California processor." J Food Prot. 2005 Jun;68(6):1143-6.
Stolpa, D. "Wash Fruits and Vegetables - Why and How." University of Minnesota Extension Service, 2001. <http://www.extension.umn.edu/info-u/nutrition/BJ779.html>
Zander, A. "Washing Fruits and Vegetables." Colorado State University Cooperative Extension, Boulder County. June 30, 2000. <http://www.ext.colostate.edu/pubs/columncc/cc000630.html>
http://nutrition.about.com/od/ahealthykitchen/a/washveggies.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar